Banyak hal yang terjadi di IRL sehingga saya tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa, setidaknya di bulan suci ini.


Kali ini saya akan membahas beberapa Genre story yang saya sukai, dan tentu saja saya punya beberapa stok history snowflake untuk LN maupun SN untuk setiap genre.



[Sci-fi (+Supernatural)]




Ex. To Aru Majutsu no Index, To Aru kagaku no Railgun, Heroes





Walau saya sebelumnya juga terkagum-kagum dengan Heroes, bisa dibilang saya benar-benar into sci-fi itu sejak nonton To Aru Majutsu no Index. Daya tarik terbesar dari TaMnI (selain Onee-sama) adalah sci-fi nya yang kental.

Lihatlah ep saat Accelerator vs Touma. Meski dari luar terlihat seperti fighting antara remaja-remaja berkekuatan penuh fantasi tetap saja battle penuh ngobrol itu (biasalah, anime shonen pasti battlenya banyak cing cong dulu sambil menjelaskan kekuatan) membuat saya kagum. Karena yang mereka cing cong kan adalah hukum fisika yang pernah kita dengar.

Dari situ Ketertarikan saya tentang Sci-fi vs Supernatural muncul. Seperti serunya Fantasy vs Mystery atau Anti-Fantasy vs Anti-Mystery. Kalau anda membaca JUMP dengan teliti setidaknya anda melihat hint kalau ada Divisi Anti-Penyihir.


[Conspiracy - With Multilayer Story]

Ex. Monster, 21st Century Boys, Pluto, Heroes




Siapa tidak kenal Urasawa Naoki? Kalau manga yang benar-benar membuat saya wtf, tertawa-tawa gaje karena kecerdasannya, tentu saja Naoki-sensei. Meski saya masih tidak terima dengan ending-ending wtf (kecuali pluto) tetap saja proses membaca halaman-halaman manganya benar-benar seru.Apalagi karya Urasawa Naoki hampir pasti semi-misteri.

Kalau anda balik-balik halaman lama, pasti ada sebuah cerita konspirasi mecha lebay yang saya buat bersetting di Cilacap. Jujur saja itu cerita buatan hasil diskusi dengan teman saya. Sebenarnya cerita itu bagus, tapi belum selesai karena kami terlanjur berpisah jalur.


[Anti-Hero - With love]

Ex. Shin Angyo Onshi




Perlu dijelaskan lagi? Sejauh saya membaca manhwa, Shin Angyo Onshi tidak ada tandigannya. Bahkan bisa menandingi Seinen-seinen di negeri Manga sana. Ah, troll troll dan troll. Tapi dibaliknya ada sebuah pesan - pesan bijak yang tidak bisa dilihat hanya dengan memahami satu kebenaran.

Untuk cerita anti-hero sendiri, saya belum pernah mencoba. Pemikiran luas semacam itu terlalu kompleks untuk saya.


[(Depressing) School-life]

Ex. Clannad, Onani Master Kurosawa.



Mayoritas anime mainstream harem bersettingkan di sekolah tingkat tinggi. Pemuda uke yang pas-pasan dikelilingi wanita-wanita 2D yang terlalu sempurna untuk di bawa ke 3D... Kalau saya menemukan genre school-life belakangan ini, sulit sekali menemukan yang benar-benar sesuai selera.

School-life itu isinya tidak cuma komedi, bittersweet love, Tapi juga masa pendewasaan diri dan tumbuhnya rasa tanggungjawab. kehidupan anak SMA tidak hanya berputar di sekolah, tapi keluarga juga berpengaruh pada kehidupannya.

Itu kenapa Clannad adalah school-life terkeren sepanjang masa, at least for me.


[Modern Mystery]

Ex. Higurashi no Naku Koro Ni, Umineko no Naku Koro Ni, Angel and Demon, Da Vinci Code


AHAHAHA.WAV



Saya terkadang facepalm melihat orang salah paham menaruh 'misteri' pada cerita horror. Padahal essensi misteri sendiri adalah whodunnit, howdunnit, dan whydunnit (siapa pelakunya, bagaimana caranya, dan kenapa dia melakukannya).

Ehem, dan sepertinya karena pure mystery sendiri sudah habis trik-triknya, saatnya pindah ke modern mystery. Tidak kah anda bosan dengan closed room dengan trik benang, tali, dan pemberat es yang mengandalkan keberuntungan? Tapi sebelum itu sebaiknya saya menyelesaikan And Then There Were None dulu...
----------------

3 komentar:

minoru mengatakan...

Hmm genre favorit anda cukup menarik. Kalo genre fave saya:

comedy slapstick: FMP fumoffu, minami-ke
school life (+drama): clannad, haruhi, true tears
action: darker than black, baccano, black lagoon
dan yang terakhir psychologycal: kino's journey, paranoia agent, haibane renmei, NGE

furei kinoko mengatakan...

genre favorit: apa saja yang menarik minat XDDD

fallendevil mengatakan...

Ahaha.wav

Haruhi sama Chaos;Head (VN) lupa di masukin

@minoru

Kalau action saya suka Claymoar :hahai:

@furei

= =a apa saja yang menarik minat itu terlalu luas...