I'm being serious here. Feel free to interpret my wall of text below as troll or truth.

Ai ga Nakareba Mienai.



Beberapa hari yang lalu saya memutuskan untuk riset kecil-kecilan tentang 'Serangan'. Jauh sebelum saya melakukan riset saya sudah tahu kalau hal-hal klenik macam itu bukan sesuatu yang main-main. Dunia gelap yang tidak bisa mundur sekali menggunakannya..

Saya memutuskan untuk melakukan sedikit interview kepada teman saya. Saya tinggal di desa, berjarak 27 kilometer dari pusat kota dan tempat saya kerja dan saya punya teman yang tinggal beberapa kilo lagi jaraknya.

Pada suatu pagi saya sudah berniat dari awal bertanya-tanya. Menambahkan materi ke Light Novel yang sedang saya buat. Pagi itu saya mengajaknya basa-basi sampai akhirnya masuk ke topik.

Tentang Serangan


Me : Saya mau tanya, kalo di tempatmu orang-orang masih main dengan hal seperti itu?

Friend : Ya masih. Kadang sering ada orang 'jahil' sama tetangganya.


Me : Oh, terus kamu gak takut dijahili?

Friend : *Mengatakan beberapa hal untuk menghindari 'serangan'. It was unbelievable yet so simple. But he seems so serious about it*


Me : Oh, berarti kamu tiap hari *mengulang kalimatnya*

Friend : Iya. Si *insert my friend name* setelah tak kasih tahu juga ngelakuin.


Me : (Suprisingly I was doing that unconciously). Jadi kalo nyerang 'serang' gitu, biasanya gimana? Kalo aku denger sih biasanya pake koin di lempar ke pekarangan (indo : taman disekitar rumah).

Friend : Iya biasanya ngelemparin apa gitu ke pekarangan. Tapi nanem *insert a certain plant* juga bisa. Tapi bukan *insert those plant's name* biasa, yang tumbuh liar ga bisa kepake.


Me : Oh... Itu harus ngelilingin rumahnya?

Friend : Nggak tahu. Tapi pake garam juga bisa. Kasian kalo orang dijahili gitu,*menceritakan hal tragis* di sana dendam dikit bisa panjang buntutnya.


Me : Lah, terus gimana? Nggak bisa ngelawan?

Friend : Paling bertahan doang. Lagipula kalo gituan paling cuma bertahan 3 bulan


Me : *nyeritain pengalaman x* Itu gimana kalo dari dulu sampe sekarang masih sial terus?

Friend : Berarti orang yang 'nyerang' itu udah niat dari awal terus menerus bikin dia sial.


Me : Berarti kayak gitu rutin toh?

Friend : Biasanya sih kalo masalah kecil bentaran. Kalo sampe tahunan berarti udah dendam kesumat itu. Mending pindah, masalah selesai.


Me : Misalnya kita serang balik? Misalnya kamu dendam sama istriku, kamu 'nyerang'. Aku bales nyerang kamu, gimana? Efeknya hilang?

Friend : ...*mengalihkan topik* Tapi kalo nyerang balik juga nggak bener.


Sepertinya dia mengimplikasi bahwa menyerang balik itu bukan suatu ide yang baik. Serangan area (kalo di SRW kayak MAP Weapon) macam itu mempengaruhi ke kehidupan keluarga di dalamnya. Saya sempat merinding, tapi masih ada beberapa list pertanyaan.



Me : Kalo serangan ke orangnya langsung gimana?

Friend : Biasanya ngasih makanan ato barang. Makanya hati-hati nerima sesuatu yang tiba-tiba. Ngirim sayur ato apa gitu.


Me : *Merinding* Biasanya emang makanan ato barang?

Friend : Duit juga bisa. Misalnya anak kecil dikasih duit kan seneng, kalo dibeliin sesuatu bakal kena.

Beranjak ke topik selanjutnya tentang memperkaya diri dengan hal klenik.


Me : Kalo pesugihan itu gimana?

Friend : Ya jadi kaya kalo ngelakuin itu.


Me : Lah caranya gimana biasanya?

Friend : Kalo itu saya nggak tahu. Tapi kayak gitu gak bakal lama.


Me : Saya denger ada semacam pengorbanan?

Friend : Jelas. Nggak mungkin enggak.


Me : Misalnya apa?

Friend : Biasanya *menceritakan secara general*


Me : Tetanggamu ada?

Friend : *Menolak menjawab*


Me : Lah kalo tumbal tumbal gitu per berapa minggu?

Friend : Gak tahu juga sih. Kayaknya setahun sekali. Misalnya kamu ngasih anak pake duit hasil memperkaya diri itu. Udah cukup kayaknya.


Me : Lah terus anak yang nerima duit itu gimana?

Friend : Biasanya ya mati.

It's so cruel.

Penutup


Friend : Yang gituan tuh gak bener. Jelas nggak bakal bagus endingnya. Mending jadi orang sabar.

Me : Bener.


***

Saya membuka pikiran saya lebar-lebar. Saya dibesarkan di keluarga yang cukup religius. Dan tidak ada yang menolak kalau hal semacam itu benar-benar eksis. Setelah saya melihat kembali ke script Light Novel, saya baru sadar kalo hal skala kota besar seperti ini jelas membawa korban yang tidak sedikit. Saya iseng tanya gimana kalo ada orang yang pengin jadi presiden dengan kekuatan macam ini, dia nggak menjawab. Tapi saya yakin tidak akan ada manusia yang bisa membayar pengorbanan setingkat itu.

Dan lagi seiring teknologi berkembang, manusia lebih mengedepankan logikanya. Saya yakin lebih banyak orang yang mengabaikan eksistensi kekuatan hitam macam ini.

Terakhir, saya tidak bermaksud membuat anda menjadi paranoid. Anda perlu hati-hati tapi santai saja. 'Serangan' hanya terjadi di kalangan tradisional yang masih mengedepankan hal seperti itu. Jadilah orang yang demokratis, normal dan baik. Karena pada akhirnya kebaikan itu akan kembali ke anda sendiri.

Semoga berguna.

1 komentar:

Zetsudou Sougi mengatakan...

sudah sering denger sih:takut:
dari ibu saya